Mari hidup Sehat Part 2 "Apel"


Apel adalah buah dari genus Malus yang termasuk family Rosaceae. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu bahwa apel adalah buah yang berkhasiat tinggi serta multiguna. KArenanya ada pemeo mengatakan, "Makan satu apel sehari, dokter tidak diperlukan lagi". Daya guna sari buah apel diantaranya yaitu menurunkan kolestrol, membantu pencernaan, menstabilkan gula darah, sebagai "sikat gigi" alami dan membantu penurunan berat badan. PAra ahli medika menuturkan mengonsumsi apel berguna untuk energi dan proteksi jantung. Apel kaya akan flavonoid yang membantu melindungi jantung. Apel memiliki 1/3 kadar vitamin C seperti pada sari buah jeruk. Kandungan gula fruktosaapel lebih banyak.

Apel mengandung pektin yaitu sejenis serat yang larut dalam air, lalu dibuang oleh sistem metabolisme tubuh. Kandungan seratnyayang tinggi dapat menstabilkan kadar gula darah menetralisir nafsu makan. PAra pakar kesehatan meyakini jus apel dapat membunuh virus-virus penyebab infeksi, sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap influenza dan infeksi lainnya. Serat pada apel membantu pergerakan saluran pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Menguyah apel membantu membersihkan gigi dan dapat membantu mencegah gusi berdarah. Selain vitamin C dan serat, apel juga kaya dengan vitamin A dan karbohidrat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

nice post...selain khasiatnya yang sudah disebutkan di atas, ternyata makan apel bikin kenyang, jadi pas banget buat yang diet (pengganti makan malam)...

Posting Komentar