Mari hidup Sehat mulai dari buah " ANGGUR"


Sari buah anggur berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Para pakar kesehatan menuturkan jus anggur berguna untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan kanker. Para ahli kesehatan juga mewartakan buah anggur memiliki kandungan magnesium yang melimpah. Magnesium merupakan zat vital dalam tubuh sebagai penggiat fungsi sistem pencernaan. Selain itu, Anggur juga berfungsi sebagai penggelontor kotoran (buang air besar) karena kandungan serat kasarnya yang melimpah dalam kulit buah. Kemampuan anggur sebagai pembersih usus makin baik karena magnesium dan kandungan seratnya diperkaya dengan zat pencahar ringan yang terdapat dalam buah anggur. Meskipun demikian, mengkonsumsi anggur bersama kulit buah dan bijinya bisa membuat iritas pada penderita gangguan lambung. Oleh seba itu, seseorang yang mengidap pencernaan sensitif sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi anggur berbiji.

Mengkonsumsi anggur atau jus anggur bisa membangkitkan semangat hidup, menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Para penggiat kesehatan mewartakan jus anggur mampu membersihkan hati atau liver dan menggiatkan fungsi ginjal. Secara alami buah anggur merupakan makanan pembentuk basa (alkalin forming). Sifat membentuk basa dengan kandungan air melimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menyapu timbunan toksin dan lemak dalam pembuluh darah.

Kondisi ini mencegah terjadinya penyempitan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, anggur juga mengandung enzim yang bersifat tonik penggiat fungsi empedu. Peningkatan fungsi empedu akan meningkatkan efisiensi pengubahan lemak menjadi asam empedu yang akan dibuang keluar tubuh. Sehingga mencegah terjadinya lonjakan kadar lemak darah (hiperlipidemia). Oleh sebab itu, penderita hipertensi dan kolestrol dianjurkan untuk mengkonsumsi jus anggur atau menyantap buah anggur.

Seorang pakar kesehatan ternama bernama Dr. Jansen menandaskan jus anggur memiliki khasiat multi guna diantaranya yaitu menguras racun ( kandungan senyawa anti kanker ). Kandungan antibodi 3,5, 4 trihidroksi - trans - stibena. Dalam anggur berguna mematikan perkembangan pesat sel tak sehat, baik berupa tumor maupun kanker. Meskipun demikian kekuatan pertumbuhan sel kanker tak mampu hanya diredam dengan resveratrol dan buah anggur semata. Oleh sebab itu, diperlukan pola makan kaya bahan makanan nabati mentah ( raw food ) yang kaya zat-zat anti oksidan. Kandungan senyawa anti kanker ini umumnya dapat terdapat dalam buah anggur berwarna gelap, terutama anggur merah, anggur biru, dan anggur ungu. Kandungan resveratrol tertinggi terdaapat di bagian kulit buah anggur.

5 komentar:

Yulya mengatakan...

Mlm K wauuuuu buah Anggur kesukaanku... ternyata buah Anggur sangat bermanfaat.. tidak sia-sia aku mengkonsumsi buah anggur.. ckcckckckck

Melissa Djohan mengatakan...

Buah Anggur memang salah satu buah yang selain enak adalah kaya manfaat terutama buat kesehatan tubuh kita....Mari hidup sehat mulai sekarang...^^

Retno Utaminingsih mengatakan...

asal jangan mabok anggur ya, mel.. hehehew

Melissa Djohan mengatakan...

hsahhaha...ya ret...wkwkwkw

Anonim mengatakan...

wah, saya jarang makan anggur, abis harganya mahal sih, hehe...btw, nice post...

Posting Komentar